Kunjungan ke Rumah Bapak Sunarto Penderita Katarak

 


Nama beliau adalah Bapak Sunarto. Sudah beberapa waktu ini tidak bisa bekerja karena menderita Katarak total pada kedua matanya. Sebelumnya beliau bekerja sebagai pembuat lukisan dinding dan patung dekorasi taman yang menurut Mimin hasilnya sangat bagus.


Beliau hidup bertiga dengan istri dan anaknya. Istrinya tidak bekerja sedangkan sang anak yang berusia 8 tahun hingga saat ini belum bersekolah karena kondisi kekurangannya akibat sempat terkena malaria dan koma selama 3 hari saat usia 7 bulan. Ibu yang ingin bekerja pun tidak bisa meninggalkan anaknya yang harus terus di awasi ini.


Kelurahan Sidorejo bersama dengan Puskesmas Madurejo, Babinsa dan Karang Taruna Sidorejo didampingi Ketua RT melakukan kunjungan ke rumah Bapak Sunarto di RT 20 Kelurahan Sidorejo pada Hari Senin, 10 Januari 2022.


Dari hasil lapangan, didapatkan info bahwa yg bersangkutan belum memiliki BPJS dan KTP luar Kobar.


Adapun penanganan yang diusahakan oleh Kelurahan untuk dibantu adalah sbb:
1. Membantu peralihan administrasi kependudukan agar berpindah ke Kobar sehingga dapat diusulkan untuk mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah.
2. Membantu mendaftarkan untuk memperoleh BPJS (yang dibiayai Pemerintah Daerah) dan bantuan bagi warga miskin yang ada pada Dinsos.
3. Menawarkan pelatihan pijat urut kepada beliau agar menjadi keterampilan untuk mendapatkan pemasukan harian sembari menunggu proses operasi bila sudah masuk dalam BPJS (masih menunggu konfirmasi kesediaan untuk dilatih)
4. Pengecekan kesehatan sekeluarga oleh Puskesmas Madurejo
5. Memberikan bantuan sembako.


Jadwal untuk operasi katarak tentunya akan memakan waktu yang lama karena selain baru mendaftar BPJS, terdapat juga daftar tunggu untuk operasi katarak melalui BPJS yang antriannya sangat panjang.

Posting Komentar

0 Komentar